Inspirasi Desain Rumah Islami : Rumah Yang Ikut Menjaga Aurat Pemiliknya

Standar

Sebagai umat islam, tentu kita semua tahu bahwa agama islam memiliki beberapa kewajiban yang harus dilaksanakan penganutnya. Yang jelas-jelas tampak nyata dalam kehidupan sehari-hari, yang membedakan dengan umat yang lain, diantaranya adalah : kewajiban sholat wajib 5 waktu dan menutup aurat, khususnya untuk perempuan.

Kewajiban menutup aurat, bagi umat islam, laki-laki (muslim) dan perempuan (muslimah) sama, hanya beda kadarnya.

Secara umum tentang aurat :
- Aurat bagi laki-laki adalah qubul (kemaluan bagian depan) dan dubur (kemaluan bagian belakang).
- Aurat bagi perempuan adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Secara mendetail, akan berbeda lagi hukumnya, jika aurat laki-laki dilihat sesama laki-laki, aurat perempuan dilihat sesama perempuan, aurat dilihat mahramnya, aurat dilihat pasangannya, dsb.

Untuk bahasan aurat ini, secara detail telah dijelaskan oleh orang-orang yang sesuai kapasitasnya dalam menjawab ini, yaitu :

Terkait dengan hal tersebut, dampak terbesar akan dialami oleh perempuan.

Saya yakin, rumah adalah tempat yang paling nyaman bagi pemiliknya.
Dimana didalamnya kita bisa merasa tenang, bebas membuka jilbab dan nyaman tanpa khawatir melanggar aturan menutup aurat.

Untuk menjaga aurat agar tetap terjaga, ketika kita ingin membuka jilbab di rumah, bagaimana caranya agar bisa tetap aman dari pandangan orang-orang di luar rumah/dari jalan. Atau ketika ada tamu datang ke rumah, kita tidak terkaget-kaget dan terburu-buru memakai jilbab, dst.

Maka perlu diperhatikan desain rumah dan pengaturan tata letak perabot agar membantu kita menjaga aurat dikala sedang di rumah, meskipun tidak berjilbab atau agar privasi keluarga tetap terjaga.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar muslimah bisa nyaman tinggal di rumahnya sendiri, nyaman ketika memakai jilbab maupun saat tidak berjilbab di rumah, dengan tetap menjaga aurat sesuai perintah agama islam.

  1. Pintu rumah tidak langsung loss mengarah ke ruang keluarga
    Ruang keluarga adalah ruang dimana paling sering dilakukan interaksi dan kumpul santai bersama keluarga.
    Usahakan dari ruang keluarga tidak langsung terlihat jelas dari pintu masuk rumah. Tentu tidak nyaman jika muslimah sedang tidak berjilbab di ruang keluarga bisa terlihat dari luar.

  2. Pintu rumah dipasang teralis
    Biasanya keluarga yang memiliki anak-anak balita, pintu rumahnya dipasang teralis yang membuat udara tetap bisa masuk ke dalam rumah, juga tetap bisa memandang pemandangan diluar, namun anak-anak bisa tetap aman bermain di dalam rumah. Teralis pintu ini bentuknya bermacam-macam, mulai dari yang mirip kasa nyamuk, sampai yang berongga lebar yang berbentuk bunga atau hiasan menarik lainnya. Tujuan dipasangnya teralis pintu itu untuk mengalihkan pandangan atau mengaburkan pemandangan di dalam rumah dari luar (bila siang hari).

  3. Menyekat ruang tamu dengan ruangan lainnya
    Jika ada tamu, muslimah yang ada di dalam rumah bisa tetap beraktivitas seperti biasanya meskipun tak berjilbab tanpa khawatir terlihat dari tamu yang berada ruang tamu.

  4. Membuat kamar mandi yang dekat dengan ruang tamu
    Membuat kamar mandi yang mudah dijangkau dari ruang tamu, memberikan kemudahan jika ada tamu yang ingin ke kamar mandi, tanpa harus masuk ke dalam rumah lebih jauh yang mungkin saja harus melewati ruang keluarga, dll, yang sedikit banyak mengganggu privasi / aktivitas anggota keluarga didalam.

  5. Musholla di dekat ruang tamu
    Rumah seorang muslim tak lengkap rasanya jika tak ada ruangan khusus untuk sholat, yang biasa disebut musholla. Memang dalam islam tidak diharuskan memiliki ruangan khusus untuk sholat. Sholat bisa dimana saja di dalam rumah asalkan bersih dari najis (untuk yang laki-laki sholat 5 waktunya wajib di masjid ya). Namun dengan membuat ruang khusus untuk sholat, kebersihan ruangannya jadi lebih terjamin, dan jika ada tamu yang datang ke rumah, tidak perlu repot mencari ruangan atau mempersilakannya sholat di salah satu kamar kita, untuk melaksanakan sholatnya.

  6. Jendela bertirai
    Tak nyaman rasanya jika sebuah rumah tak memiliki jendela. Salah satu fungsi utama jendela adalah sirkulasi udara bisa mengalir lancar ke dalam rumah agar hawa di dalam rumah bisa sejuk dan nyaman. Namun dengan terbukanya jendela, yang tentu saja mengarah ke luar, mengakibatkan orang dari luar rumah bisa melihat yang ada di dalam rumah melalui jendela tersebut. Agar privasi di dalam rumah tetap terjaga, namun suasana sejuk dan sirkulasi udara tetap bisa didapatkan, bisa dilakukan dengan mengatur tata letak jendela tersebut terhadap perabotan dan ruangan, atau memilih bentuk jendela yang sesuai, selain itu langkah praktisnya dengan memberi tirai tipis berongga yang dipasang pada jendela, agar pemandangan di dalam rumah tidak terlihat jelas dari luar.

  7. Ruang keluarga di area belakang rumah yang tertutup tembok
    Rumah yang memiliki tanah cukup luas, bisa membuat ruang keluarga yang nyaman di bagian belakang rumah, yang terbuka dengan halaman belakang rumah, selain hawa sejuk langsung menyeruak masuk ke ruang keluarga dari halaman belakang tadi, ruang keluarga juga lebih terjaga privasinya dari pandangan di luar.

  8. Jika ingin memiliki kolam renang, buat sekat dengan ruangan lainnya
    Adakalanya kita ingin memiliki kolam renang sendiri di dalam rumah. Hal ini boleh-boleh saja, jika memungkinkan. Memiliki kolam renang sendiri di dalam rumah, selain bisa mempercantik rumah, juga sebagai sarana refreshing keluarga yang sangat menyenangkan. Jika biasanya kolam renang bisa dilihat dari ruang tamu, dll, karena kita perlu menjaga privasi jika ada muslimah yg berenang, lalu ada tamu datang kerumah, agar tetap dapat menikmati berenangnya, perlu dibuat penyekat/partisi disekitar kolam renang agar tidak langsung terlihat dari ruang tamu. Ini bisa disiasati dengan mengatur perabotan di dalam rumah atau memang dibuatkan penyekat kreatif yang bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan.

  9. Ada yang mau menambahkan?

Bingung? Ribet?
Jika memang niat beribadah melaksanakan perintahNya, inshaAllah bisa.

Berikut salah satu desain layout rumah semoga bisa menginspirasi.
Semoga bermanfaat.

About these ads

3 pemikiran pada “Inspirasi Desain Rumah Islami : Rumah Yang Ikut Menjaga Aurat Pemiliknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s