memilih telur ayam yang baik

Standar

written by : wishbeukhti

ini dia nih, tips dari ayah tersayang :D
buat cara bedain, mana telur ayam yang masih bagus dan mana yang telurnya dah nggak layak dikonsumsi lagi..

    cara mengetahui telur ayam yang masih bagus adalah :

  1. jika telur ayamnya dipecahkan, dan kuning telurnya masih bulat utuh / tidak pecah. jika kuning telurnya sudah pecah, maka telurnya masuk kategori telur yang sudah tidak bagus, dah mau basi.
  2. jika telur ayamnya ditaruh didalam bejana air bersih, maka telur yang baik akan tenggelam. jika telur nya terapung, maka telurnya termasuk kategori telur yang sudah tidak bagus, dah tidak layak konsumsi.

nah.. begitu tips dari ayah ;)
gimana ayah? ada tambahan? :D

tambahan tgl 21 jan 2008 :

ketika belanja telur tadi siang di pasar, saya sempet nanya ke pak penjualnya mengenai bagaimana cara memilih telur yang baik, untuk telur bebek dan telur ayam kampung : yaitu dengan melihat ke arah bola lampu. jika telurnya bening (kulit telurnya ditembus oleh cahaya bola lampu) maka telur itu baik. namun jika telur itu tidak bening (pak penjualnya memperlihatkan pada saya, telur yang tidak bagus yang diarahkan ke bola lampu, dan ternyata memang pekat dan kulit telur tidak tembus oleh cahaya bola lampunya), berarti telurnya tidak bagus, tidak layak dikonsumsi :)

About these ads

10 pemikiran pada “memilih telur ayam yang baik

  1. Itu tips berlaku kalau telurnya udah dibeli (pemeriksaan sebelum dimasak), nah kalau memilih telur yang akan dibeli kan nggak mungkin dicemplungin air?! bisa diuber ama engkoh yang punya toko :P

  2. TIPS’E ELEEEEEEEEEEKK GAK PAYU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! WEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKK…………………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s